Minggu, 03 November 2019

#SIP SISTEM INFORMASI BERBASIS KOMPUTER (CBIS)



Assalamu’alaikum wr.wb. Pada kesempatan kali ini, izinkan saya untuk menjelaskan sedikit mengenai Sistem Informasi berbasis Komputer atau biasa disebut Computer Based Information System (CBIS). Sebelum memulai menjelaskan, ada beberapa pengertian menurut beberapa tokoh mengenai definisi dari Sistem Informasi berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS), yakni sebagai berikut:

A.    Pengertian Sistem Informasi berbasis Komputer (Computer Based Information System)
Computer Based Information System (CBIS) chart

Prasetyo (2004) memaparkan sistem informasi berbasis komputer merupakan proses pengolahan data berbasis komputer.
Fatta (2018) mengungkapkan istilah CBIS atau Computer Bsaed Information System sebagai sistem informasi yang dikembangkan berbasis teknologi komputer.
Menurut Suryana (2012) sistem informasi berbasis komputer atau Computer Based Information System adalah proses memproses dan mengolah data dengan menggunakan bantuan komputer.
Menurut Hayadi dan Rukun (2018) sistem informasi berbasis komputer atau biasa disebut Computer Based Information System (CBIS) adalah sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi, dan kendali serta visualisasi dan analisis.
Laudon & Laudon (2008) mendefinisikan CBIS atau Computer Based Information System yaitu sistem informasi untuk pemrosesan dan penyebaran informasi yang mengandalkan peranti keras dan lunak komputer.
Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi berbasis komputer atau Computer Based Information System adalah sebuah sistem yang bertugas untuk memproses dan mengolah suatu data agar lebih berguna dimana setiap prosesnya melibatkan bantuan teknologi berbasis komputer.

B.     Komponen Sistem Informasi berbasis Komputer

Komponen-komponen dari CBIS

Ada beberapa komponen yang merupakan organisasi dari CBIS itu sendiri. Menurut Stair (dalam Muslifudin & Oktafianto, 2016) menyebutkan beberapa komponen dari sistem informasi berbasis komputer (CBIS) yaitu:
1.      Perangkat keras, yaitu perangkat keras komponen untuk melengkapi kegiatan memasukkan data, memproses data, dan keluaran data.
2.      Perangkat lunak, yaitu program instruksi yang diberikan kepada komputer.
3.      Database, yaitu kumpulan data atau informasi yang diorganisasikan sedemikian rupa sehingga mudah diakses pengguna sistem informasi.
4.      Telekomunikasi, yaitu komunikasi yang menghubungkan antara pengguna sistem dengan sistem komputer secara bersama-sama ke dalam suatu jaringan kerja yang efektif.
5.      Manusia, yaitu personal dari sistem informasi meliputi manajer, analis, programmer, dan operator serta bertanggung jawab terhadap perawatan sistem.

C.     Tipe-Tipe dari Aplikasi CBIS
Gambar ini memberikan contoh TPS, DSS, MIS, dan ESS, yang menunjukkan tingkat organisasi dan fungsinya.

Menurut Fatta (2018) CBIS dibedakan menjadi beberapa tipe aplikasi yaitu:
1.      Transaction Processing System (TPS)
Salah satu bentuk dari TPS adalah sistem penggajian karyawan. Pada sistem penggajian karyawan memproses beberapa data diantaranya waktu kerja karyawan, dan perubahan gaji dan pengurangan karyawan. Sistem ini juga melacak uang yang dibayarkan kepada karyawan, memotong pajak, dan gaji.

Sistem Pemrosesan Transaksi adalah sistem informasi terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses sejumlah besar data untuk transaksi bisnis rutin.
2.      Management Information System (MIS)
Dalam sistem yang diilustrasikan oleh diagram ini, tiga bagian dari TPS menyalurkan rangkuman data transaksi ke bagian pelaporan pada MIS pada akhir periode. Manajer mendapatkan akses ke data organisasi melalui MIS, dimana MIS berfungsi untuk menyediakan data sesuai kebutuhan yang ingin dilaporkan.

Sistem Informasi Manajemen adalah sistem informasi pada level manajemen yang berfungsi untuk mengatur perencanaan, pengendalian, dan pengambilan keputusan dengan menyediakan resume rutin dan laporan-laporan tertentu. SIM mengambil data mentah dari TPS dan mengubahnya menjadi kumpulan data yang lebih berarti serta dibutuhkan manajer untuk menjalankan tanggung jawabnya.
3.      Decision Support System (DSS)
DSS ini beroperasi pada PC yang kuat. Ini digunakan setiap hari oleh manajer yang harus mengembangkan tawaran pada kontrak pengiriman.

Decision Support System adalah sistem informasi pada level manajemen dari suatu organisasi yang mengombinasikan data dan model analisis canggih atau peralatan data analisis untuk mendukung pengambilan semi struktur dan tidak terstruktur. DSS biasanya dirancang untuk pengambilan keputusan organisasional.
4.      Expert System and Artificial Intelligence (ES dan AI)
Sistem ini mengumpulkan data dari beragam sumber internal dan eksternal dan membuatnya tersedia bagi para eksekutif dalam bentuk yang mudah digunakan.

Expert System adalah representasi pengetahuan yang menggambarkan cara seorang ahli dalam mendekati suatu masalah. ES lebih berpusat pada bagaimana mengkodekan atau memanipulasi pengetahuan dari informasi.
Hubungan antara TPS, MIS, DSS, dan ES


Demikian beberapa penjelasan mengenai Sistem Informasi berbasis Komputer atau Computer Based Information System (CBIS). Mohon maaf apabila ada salah kata atau penulisan. Terima kasih sudah membaca. Wassalamu’alaikum, wr. wb.



Daftar Pustaka
Fatta, H.A., (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Yogyakarta : Andi.
Laudon K.C., & Laudon J.P. (2008). Sistem Informasi Manajemen 2 (ed.10). Alih Bahasa: Chrismawan Sungkono & Machmudin Eka P. Jakarta: Salemba.
Muslihudin, M., & Oktafianto (2016). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktur dan UML. Yogyakarta: Andi.
Prasetyo D. D., (2004).Aplikasi Bisnis dan Perkantoran Menggunakan Visual Basic. Jakarta: Elex Media Computindo.
Rukun, K., & Hayadi, B.H. (2018). Sistem Informasi Berbasis Expert System. Yogyakarta: Deepublish.
Suryana D., (2012). Sistem Teknologi Informasi Jilid 2. Createspace Independent Publishing Platform: California.

Referensi Gambar:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar