Sabtu, 05 November 2016

Love is......

Love is....
“Love is the only freedom in the world because it so elevates the spirit that the laws of humanity and the phenomena of nature do not alter its course.”
― Kahlil Gibran, Broken Wings

Pada kesempatan kali ini, saya mendapat tugas untuk mendefinisikan makna dari cinta. Pertama-tama, marilah kita telaah makna cinta itu. Cinta adalah sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih dan kasih sayang. Pendapat lainnya, cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apa pun yang diinginkan objek tersebut.

Banyak orang yang menganalogikan cinta itu adalah hubungan dua insan manusia, yaitu seorang laki-laki dan perempuan. Namun, menurut saya, cinta itu sangat banyak bentuknya, bukan sekedar antara dua insan yaitu laki-laki dan perempuan, namun bisa juga pada hal-hal yang lainnya.

·         Cinta kepada Tuhan, khususnya pada Allah
Ini adalah salah satu hal utama dalam hidup kita. Salah satu bentuk cinta kepada Tuhan adalah beribadah kepadanya. Ada banyak bentuk ibadah kepada Tuhan sesuai dengan agama masing-masing, salah satunya umat Islam dengan menunaikan salat lima waktu. Dengan ibadah yang khusyuk, kita dapat mempererat hubungan dengan sang pencipta, selain itu, salat merupakan salah satu bentuk pengucapan rasa syukur dan terima kasih atas apa yang sudah diberikan oleh-Nya. Selain shalat lima waktu, ada juga bentuk cinta kepada Allah yang lain, diantaranya menjauhi larangannya, melaksanakan perintahnya, berbuat baik terhadap sesama, belajar berbagi, dan sebagainya.
Shalat Isya 13/10/2016


·         Cinta kepada diri sendiri
"Love yourself. Forgive yourself. Be true to yourself. How you treat yourself sets the standard for how others will treat you." - Steve Maraboli.
Setelah cinta kepada Tuhan, hendaknya kita belajar untuk mencintai diri kita sendiri. Kenapa harus mencintai diri sendiri? Karena dengan mencintai diri sendiri dapat menimbulkan dampak positif terhadap diri kita sendiri seperti menambah kebahagiaan, terhindar dari gangguan mental, menambah keyakinan diri, dan semakin termotivasi dan terdorong untuk mencapai tujuan hidup. Hendaknya kita harus mencintai diri kita sendiri sebelum belajar mencintai yang lain. Seseorang yang tidak bisa menghargai dan mencintai dirinya sendiri akan berusaha untuk menyenangkan orang lain. Ia akan rela melakukan apapun untuk merasa diterima dan dikasihi oleh orang lain, meskipun ia tidak merasa bahagia. Jika kita bisa menghargai dan mencintai diri kita sendiri, maka kita akan mampu memberikan penghargaan dan cinta bagi orang lain. Sebaliknya, jika kita tidak bisa menghargai dan mencintai diri kita sendiri maka kita akan mudah merasa frustasi, kecewa, marah, sedih, dan menyalahkan orang lain atas perasaan negatif yang kita rasakan.
Kita seringkali memikirkan bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik. Tentu, ini bukan tindakan yang salah. Namun, pernahkah kita memikirkan bagaimana kita memperlakukan diri kita sendiri pada saat ini? Cara kita memperlakukan diri kita sendiri, yang nampak dalam perkataan dan penampilan, akan menentukan cara orang lain memperlakukan kita. Hargai diri sendiri, maka orang lain akan menghargai kita. Seringkali orang salah mengerti tentang mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri bukanlah narsisme. Mencintai diri berarti menerima, merawat, dan mengembangkan diri secara optimal. Apabila hidup kita berkembang dengan baik, maka kita bisa memberikan kontribusi pada hidup orang lain


Love yourself (?) 17/08/2015

Potret diri (?) 16/08/2015

·         Cinta kepada sesama makhluk ciptaan-Nya.
Cinta kepada sesama makhluk ciptaannya ini bukan berarti cinta sesama jenis, namun sesama makhluk ciptaan-Nya. Cinta manusia pada hewan, cinta sesama manusia, dan cinta sesama hewan. Kita sebagai manusia hendaknya menjalin hubungan kekerabatan yang baik antar manusia, karena pada hakikatnya manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, untuk itu manusia juga memerlukan bantuan dari orang lain. Sama seperti manusia, hewan pun demikian, karena ada beberapa jenis hewan yang tidak bisa hidup sendiri (hidup secara berkoloni) seperti semut, lebah, rayap, dan sebagainya. Cinta kepada sesama makhluk ciptaan-Nya merupakan suatu hal yang lumrah  dilakukan, karena dengan cinta tersebut, hidup kita akan terasa damai dan tenang. Namun, tak banyak juga yang hidupnya selalu dliputi rasa tidak tenang, karena kebanyakan mereka lebih mengedepankan cinta kepada sesama dibandingkan dengan cinta kepada Tuhan-Nya.

"Kenapa kak?" 27/04/2015
Hah? 15/08/201

Kucing 23/10/2016
"Stay with me?" 31/10/2016
Sayang adik 15/08/15
Bermain 23/07/2015

·         Cinta kepada alam
Kita sebagai manusia sebagai makhluk berakal sudah seharusnya berusaha melestarikan alam kita. Kenapa? Karena Allah sudah menciptakan alam dan alam sudah menyediakan semua yang manusia butuhkan dan semuanya bergantung pada bagaimana manusia mengelolanya dengan baik dan bijak. Namun mirisnya, seringkali alam rusak karena manusia itu sendiri. Hendaknya kita sebagai berusaha melestarikan alam sekitar kita, karena alam sebagai pemberi kebutuhan kita dan jika alam tersebut rusak, tentunya akan merugikan kita sendiri.

Pasir Berbisik 30/04/2016

Flower. 22/11/2015

Sekian dulu definisi cinta kasih menurut saya, semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian mengenai cinta kasih itu sendiri. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar